WPML not installed and activated.

Pembentukan Komite Mata Nasional

By fei on 9 October 2015 in Event/Kegiatan, News
1

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Moeloek mengesahkan pembentukan Komite Mata Nasional (Komatnas) dan presenter acara Kick Andy (Metro TV), Andy F. Noya, diangkat sebagai ketua. Pengesahan ini dilakukan di Studio Metro TV pada tanggal 1 Oktober 2015.

Katarak adalah penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia dan dapat ditanggulangi dengan operasi. Masyarakat yang menderita akan dapat melihat sehingga produktif kembali. Hal inilah yang menjadi perhatian Kemenkes sehingga membentuk Komite Mata Nasional. Komite ini akan melakukan kerjasama yang sinergis bersama sektor swasta, NGO/LSM, juga masyarakat yang berkecimpung menjadi satu. Komatnas ini diharapkan dapat bekerjasama dengan tenaga profesional yakni dokter mata untuk membantu masyarakat yang menderita gangguan mata.

“Kebutaan di Indonesia termasuk yang tertinggi di dunia. Saat ini pada penilaian pada tiga provinsi, kebutaan Indonesia sudah mencapai 2,4%, padahal 1% saja kebutaan merupakan masalah sosial yang harus ditangani,” ujar Menkes.

Masalah kesehatan mata anak juga menjadi perhatian komite ini. Anak-anak dengan kelainan refraksi yang dapat dikoreksi, akan diberikan kacamata sehingga dapat bersekolah dan belajar lebih baik lagi.

Komite Mata Nasional ini di bawah naungan Kemenkes akan bekerja semaksimal mungkin dan bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat. “Bukan hanya pemerintah saja, karena pemerintah saja tidak mungkin dapat menanggulanginya. Semoga dengan terbentuknya Komatnas ini akan lebih baik lagi mengatasi masalah kebutaan di Indonesia, sehingga target dapat turun di bawah 1% ┬ámengingat vision 20/20, kita harus menurunkan angka kebutaan sebesar 50%,” ujar Menkes. (Riv/Az)

About the Author

feiView all posts by fei