Categories

Latest Posts

Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Informasi Anggota Perdami

Yth. Anggota Perdami,

Pendahuluan

Seiring perkembangan teknologi informasi yang pesat dewasa ini, PERDAMI merasa sangat perlu untuk menyiapkan sistem informasi yang memadai khususnya untuk para anggota Perdami dan informasi untuk masyarakat luas pada umumnya.

Website adalah sarana penyebaran informasi yang sangat bisa diandalkan, sehingga informasi dari Pengurus Pusat atau divisi Perdami yang lainnya bisa langsung diterima oleh para anggota dengan cepat dalam genggaman anggota Perdami

Untuk itu, Pengurus pusat dengan segala sumber daya yang ada mewujudkan sistem informasi Perdami ini dengan selengkap-lengkapnya dan akan selalu diupdate sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman.

Sistem Informasi Anggota

Sistem Informasi anggota ini bertujuan untuk menjadi database central anggota perdami dengan berbagai atribut informasi yang melekat pada anggota sehingga kondisi dan informasi tentang anggota Perdami bisa dikelola dengan sebaik-baiknya.

Website utama Perdami adalah https://perdami.or.id/  dengan berbagai menu yang bisa diakses untuk oleh umum dan anggota. Sedangkan https://perdami.or.id/member/ hanya bisa diakses oleh anggota perdami.

 

 

Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem Informasi Anggota Perdami

Langkah awal dari penggunaan sistem informasi anggota perdami ini adalah mewajibkan anggota untuk melakukan pembaharuan atau pemutakhiran data anggota dan pembayaran iuran keanggotaan, karena ada perubahan yang sebelumnya melalui Perdami Cabang/Wilayah masing-masing sekarang pembayaran iuran anggota langsung ke Perdami Pusat melalui sistem online dengan payment gateway Espay yang bisa dilakukan oleh anggota masing-masing. Selanjutnya dana iuran akan didistribusikan ke Perdami cabang sesuai ketentuan yang berlaku.

Bagaimana mengakses halaman anggota?

  1. Kunjungi website https://perdami.or.id/member/  
  2. Untuk pertama kali, silahkan login dengan menggunakan NRA dokter dan passwordnya pertama secara default adalah NRA dokter.
  3. Panduan login awal dan pembayaran iuran bisa dilihat juga di sini
  4. Jika dokter lupa dengan NRAnya, silahkan bisa menghubungi Admin Perdami Cabang masing-masing. Kontak Perdami Cabang bisa dilihat di sini.
  5. Untuk tahap awal/peralihan sistem ini, semua anggota perdami mempunyai masa aktif anggota 31 Desember 2020, sehingga begitu login berhasil maka semua menu belum aktif sampai dilakukan pembayaran iuran.
  6. Akan muncul tampilan data invoice untuk pembayaran iuran, silahkan klik Detail pada invoice yang belum dibayar
  7. Di bagian bawah, pilih pembayaran melalui Espay (Payment Gateway) secara online antara lain : VA Mandiri , Credit Card, Others (VA BNI, VA BRI, Modern Channel (Indomaret, Alfamart), OVO dan akan berkembang (bertambah chanel lain)
  8. Klik Submit dan tunggu serta jangan ditutup Browsernya sampai muncul instruksi selanjutnya.
  9. Jika pilih VA maka akan muncul nomor VA (Virtual Account) dan selanjutnya secepatnya lakukan pembayaran, karena masa aktif VA ini adalah 24 jam.
  10. Cara Pembayaran dengan Espay bisa dilihat di sini
  11. Ketika Pembayaran sudah dilakukan, tidak perlu kirim bukti transfer dan masa aktif keanggotaan akan update secara otomatis oleh sistem.
  12. Selanjutnya anggota diwajibkan untuk mengganti password sesuai dengan yang diinginkan.
  13. Selesai

Member Area/Dashboard Anggota

Ada beberapa menu yang bisa ditemukan setelah berhasil login, antara lain :

  1. Ubah password bagi anggota yang pertama kali login. Anggota tidak bisa mengakses menu lain, sebelum mengganti password dengan yang baru.
  2. Perhatikan aturan pemilihan passwordnya, mengenai minimal jumlah karakter dan komposisi karakternya (minimal 6 karakter, terdiri dari minimal 1 huruf, 1 angka dan 1 karakter khusus misalnya @!#$%^&*). Ini bertujuan agar passwordnya benar-benar aman. Admin Pusat dan Admin Cabang bahkan Administrator website tidak pernah tahu dan bisa tahu apa password anggota, karena passwordnya di enkripsi.
  3. Dashboard sebagai halaman depan member area berisi informasi berkenaan dengan kegiatan Perdami dan anggota
  4. Account  :
    1. Informasi Pribadi, berisi data informasi pribadi anggota secara lengkap, mohon untuk dilengkapi
    2. Pekerjaan, berisi tempat bekerja atau praktik dan mohon diisi semua tempat praktiknya (maksimal 3 tempat)
    3. Pendidikan, berisi riwayat pendidikan yang pernah diikuti
    4. Mutasi, halaman untuk pengajuan mutasi, baik mutasi dari MUDA menjadi BIASA maupun mutasi pindah keanggotaan perdami cabangnya
    5. Iuran Anggota, berisi riwayat pembayaran iuran keanggotaan
    6. Kartu Anggota, berisi kartu digital anggota yang bisa didownload
    7. Dokumanku, dokumen yang pernah diupload disistem ini
    8. Ganti Password, halaman untuk fasilitas ubah password
  5. Sertifikat Kegiatan, halaman ini berisi data sertifikat anggota yang pernah diikuti pada acara seminar/PIT Perdami atau seminar regional yang menggunakan data NRA dengan benar maka akan otomatis tampil di halaman ini
  6. P2KB, halaman ini berisi tempat proses P2KB, mengisi dan mengupload berkas/dokumen berkenaan dengan proses P2KB sampai menghasilkan surat rekomendasi untuk perpanjangan STR
  7. CME, halaman ini akan menampilkan daftar CME yang bisa diikuti oleh anggota ketika ada CME pada acara PIT Perdami dan acara lain yang menyelenggarakan CME. 
  8. E-Learning, halaman ini berisi modul – modul pendidikan yang bisa diikuti oleh anggota dengan ketentuan dan syarat tertentu untuk mendapatkan SKP
  9. Video Session, halaman ini berisi video-video pendidikan atau tindakan yang bisa dibuat untuk pembelajaran bagi anggota
  10. Logout , menu untuk mengakhiri session dari login. Sebaiknya setiap mau meninggalkan halaman ini dilakukan logout, agar tidak ada pihak lain yang mengakses halaman pribadi anggota.

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked*