Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia
 021-3104516       secretariat@perdami.or.id

Public Education

Panduan Pelayanan Mata Era Pandemik COVID-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru_Rekomendasi PERDAMI

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya “Buku Panduan Pelayanan Mata di Era Pandemi COVID-19 dan Normal Baru” dapat diterbitkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Penyusun Buku ini yang dipimpin oleh Ketua Tim Editor Prof. Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K), wakil Ketua Dr. dr. Andi Arus Victor, SpM(K) dan seluruh Tim Editor buku ini yang telah berusaha keras agar buku ini dapat disusun dalam waktu singkat. World Health Organization (WHO) telah menetapkan COVID-19 sebagai masalah kesehatan yang saat ini menjadi pandemi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia telah menyatakan COVID-19 sebagai bencana nasional.

Read More

Bahaya Miras Oplosan pada Mata

Saat ini marak pemberitaan mengenai minuman keras (miras) oplosan yang dapat menimbulkan gangguan berat terhadap kesehatan berupa kebutaan, gangguan gerak, hingga kematian. Miras adalah sebutan untuk minuman beralkohol dalam kadar tertentu. Komponen alkohol yang biasa dikonsumsi manusia berupa etil alkohol atau etanol. Pada miras oplosan, selain etanol ditambahkan juga metanol, suatu jenis alkohol yang berbahaya bagi tubuh. Metanol ini banyak digunakan dalam industri, antara lain sebagai pelarut untuk campuran cat, vernis, thinner, dan aseton. Metanol berbahaya bagi tubuh
karena metabolitnya bersifat toksik dan dapat mengakibatkan asidosis metabolik, gangguan penglihatan hingga kebutaan, kelainan saraf dan kematian jika dikonsumsi.

Read More

Kelainan Refraksi Pada Anak

Kelainan Refraksi pada anak yang berat perlu dikoreksi agar tidak mengganggu proses perkembangan pengelihatan yang normal karena keterlambatan koreksi akan menimbulkan cacat pengelihatan yang serius dan bahkan menimbulkan kebutaan.Akan tetapi tidak semua kelainan refraksi / ametropi pada anak perlu dikoreksi. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan koreksi terbaik untuk kelainan refraksi pada anak dengan memperhatikan jenis dan derajat ametropia, umur anak dan potensi terjadinya ambliopia.

Read More

Pernyataan Resmi PERDAMI mengenai formula Focuson

Telah beredar informasi seakan-akan terdapat surat terbuka dari sekelompok profesional dalam bidang kesehatan termasuk 8 dokter dan profesor yang menuntut untuk “menyelamatkan RS Spesialis mata terkenal dari keserakahan , korupsi dan penipuan”. Di dalamnya terdapat sangkaan bahwa manajemen RS disetir oleh keuntungan belaka (http://focuson-id.space).

Read More